Tim Antiteror Telah Dibentuk di Seluruh Kodam


Minggu, 21 Desember 2008 17:12 WIB, Penulis : Shanty M Sibarani
JAKARTA--MI: Komando Daerah Militer (Kodam) pada 33 provinsi di Indonesia sudah dibentuk pasukan antiteror.Demikian dikatakan Panglima TNI Jendral Joko Santoso seusai latihan bersama TNI-Polri dalam mengantisipasi teror di Hotel Borobudur, Jakarta, Minggu (21/12).

Menurut Joko, semua kodam sudah memiliki tim antiteror yang handal dan terlatih. "Sehingga tim antiteror bisa berlatih bersama dengan Polri guna mengantisipasi ancaman teror," ujar Joko.

Ia mengatakan, untuk tahap awal latihan bersama TNI-Polri hanya dilakukan di lima daerah, yaitu Jakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Yogyakarta. "Nanti akan dilaksanakan latihan bersama di semua daerah. Juga, akan dilakukan latihan secara rutin, setidaknya setahun sekali," ujar Joko.

Menurut Panglima TNI, dengan adanya latihan bersama, bisa dibuat urut-urutan penanganan teror dan berlaku di semua daerah dalam penanganan teror. "Jadi, nanti ditetapkan SOP," ujarnya.Joko juga mengatakan, adanya kerja sama dan latihan bersama, TNI Polri akan makin kuat dalam mencegah dan mengantisipasi segala bentuk ancaman terorisme. Oleh karena itu latihan bersama ini, menurut Joko, sangat disambut baik oleh institusi.

"Latihan bersama TNI-Polri sangat bermanfaat guna meningkatkan koordinasi dengan Polri dan meningkatkan kesiap siagaan kita mengantisipasi berbagai bentuk ancaman," katanya.

Ia juga mengatakan, berbagai ancaman penanganannya dibagi empat cara. Pertama, ancaman Polri bisa menangani sendiri. Kedua, Polri menangani dibantu TNI. Ketiga, ancaman terhadap VVIP (very very importan person) yang ditangani TNI. Keempat, adalah ancaman dalam suatu situasi yang karena kompetensinya, TNI yang menangani.

"Ada situasi yang mengharuskan kapasitas TNI yang menangani. Misalnya, kapal tanker disandera di Selat Malaka, maka kompetensi TNI di lapangan yang menangani," ujar Joko. (San/OL-01)
Photo: wongsukses.files.wordpress.com/2008/07/tniad-...

You can leave a response, or trackback from your own site.
Powered by Blogger