Kolonel Laut (P) Subariyoto Komandan Lanudal Juanda


19 Januari 2009, Surabaya -- Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) V, Laksma TNI Arief Rudianto di Surabaya, Senin melantik Kolonel Laut (P) Subariyoto sebagai Komandan Pangkalan Udara TNI AL (Lanudal) Juanda.

Kolonel Laut (P) Subariyoto sebelumnya menjabat Komandan Wing Udara Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar), sedangkan Kolonel Laut (P) Trikora Harjo yang digantikannya selanjutnya menjabat Komandan Pangkalan TNI AL (Lanal) Pontianak, Kalimantan Barat.

Pada saat bersamaan juga diserahterimakan jabatan Komandan Satuan Patroli Terbatas (Satroltas) Lantamal V Surabaya dari Mayor Laut (P) Hanarko Djodi P kepada Komandan Lantamal V karena belum ada perwira penggantinya.

Komandan Lantamal dalam sambutannya mengatakan, Lanudal Juanda mempunyai tugas menyelenggarakan dukungan logistik dan administrasi unsur-unsur udara TNI AL berikut sarana dan prasarana pendukungnya.

"Lanudal juga bertugas melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan laut serta tugas-tugas lain berdasarkan kebijakan pemimpin TNI AL," katanya.

Untuk Satroltas, katanya, satuan itu bertugas melaksanakan patroli laut terbatas dalam rangka penegakkan hukum di laut wilayah kerja lantamal V.

"Perkembangan lingkungan strategis saat ini menjadikan tantangan yang kita hadapi semakin kompleks, terlebih bila dikaitkan dengan keterbatasan anggaran negara. Permasalahan tersebut dapat menjadi faktor pengaruh ancaman dan hambatan dalam pelaksanaan tugas," ujarnya.

Oleh karena itu, katanya, jajaran Lanudal Juanda maupun Satroltas harus senantiasa meningkatkan kemampuan profesionalnya dalam rangka pelaksanaan tugas pokok masing-masing.

"Lanudal dan Satroltas harus dapat memberikan dukungan yang maksimal terhadap operasional pesawat udara dan kapal patroli TNI AL, sehingga pada gilirannya dapat memberikan kontribusi positif dalam upaya memperpanjang usia pakai alat atau senjata tersebut," katanya.

Berkaitan dengan Bandara Juanda, Komandan Lantamal mengatakan bahwa Lanudal harus ikut tampil di barisan terdepan dalam pengamanan kawasan itu, baik pengamanan materiil maupun personel, khususnya terhadap pejabat tinggi negara maupun tamu VIP lainnya.

"Untuk itu, komandan beserta segenap anggota Lanudal Juanda harus terus berupaya meningkatkan profesionalisme dalam upaya pemberdayaan pertahanan laut sesuai dengan kemampuan dan kapasitasnya," katanya.(Masuki M. Astro/antarajatim.com)

You can leave a response, or trackback from your own site.
Powered by Blogger