TNI AL Tangkap Kapal Pemburu Hiu

KRI Malahayati 362

20 Januari 2009, Surabaya -- Personel TNI AL yang bertugas di KRI Malahayati-362 menangkap Kapal Motor (KM) Lulu Marina III yang biasa memburu ikan hiu di Laut Arafuru, Papua.

"Kapal berbendera Indonesia itu ditangkap personel KRI Malahayati, Minggu (18/1) siang," kata Kadispen Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim), Letkol Laut (KH) Drs Toni Syaiful di Surabaya, Selasa.

Kapal perang jenis Korvet dari Satuan Kapal Eskorta (Satkor) Koarmatim yang dikomandani Letkol Laut (P) Rahmad Jayadi itu sedang melakukan patroli keamanan laut kemudian memergoki kapal penangkap ikan yang mencurigakan.

"Kapal bertonase 212 GT tersebut saat itu melakukan aksinya di selatan Pulau Dolak, Papua. Awak KRI Malahayati kemudian menghentikan dan pemeriksaan KM Lulu Marina III yang dinakhodai Maichael Kumendong beserta 25 orang ABK," katanya.

Setelah diperiksa, katanya, kapal itu diketahui membawa sekitar 10 ton ikan hiu serta sekitar 20 ton ikan campuran. Kapal yang diageni PT Rico Dian Jaya Tama ini, juga terbukti membawa tiga ABK yang tidak ada di sijil.

"Karena terbukti menangkap ikan hiu yang dilindungi, maka KM Lulu Marina III kemudian dikawal menuju Pangkalan TNI AL (Lanal) Timika untuk diproses secara hukum," kata Kadispen. (Masuki M. Astro/antarajatim.com)

You can leave a response, or trackback from your own site.
Powered by Blogger